your system language is:English

Apakah Terabox Menghapus Data? Ini Faktanya

Belakangan ini, muncul pertanyaan dari beberapa pengguna Terabox, “Kenapa File saya hilang di TeraBox? Apakah TeraBox menghapus data?”.

laptop 3087585 1280

Sebagai aplikasi Cloud terpercaya dan aman, TeraBox memberikan wadah penyimpanan data, pencadangan, dan pemulihan data, jadi tidak mungkin TeraBox akan menghapus data pengguna secara acak. Sebenarnya, data hilang bisa terjadi karena banyak hal. Karena itu, di dalam artikel ini akan dibahas faktor-faktor yang sering terjadi dan bagaimana cara mengatasi data hilang.

Apakah TeraBox Menghapus Data?

Sebagai klarifikasi, TeraBox tidak pernah menghapus data pengguna tanpa sepengetahuan atau ijin mereka.

Sebagai platform Cloud bersertifikasi ISO, TeraBox terkenal dengan keamanan tinggi dan kerahasiaan privasi yang ketat. Itu artinya, pengguna dapat mempercayakan penyimpanan data, dokumen, foto dan bentuk File lainnya secara aman, dan hanya akan dihapus sesuai dengan permintaan mereka.

TeraBox tidak akan menghapus data saat pengguna meng-uninstall aplikasinya, karena data disimpan di server Cloud, bukan di memori lokal perangkat milik pengguna. Data pengguna hanya akan dihapus setelah pengguna menghapus akun TeraBox.

Jika kalian menemukan masalah dengan data hilang, inilah beberapa penyebabnya dan solusi terbaiknya:

1. Salah Login Akun

Kalau kalian punya beberapa akun TeraBox aktif sekaligus, mungkin kalian pernah mengunggah (Upload) beberapa File ke akun lain dan waktu yang berbeda pula. Itulah alasan kenapa file yang sebenarnya masih ada, terlihat seakan terhapus, padahal sebenarnya tersimpan di akun lain. Jika hal ini terjadi, coba ingat-ingat lagi semua akun yang pernah kalian buat di TeraBox, lalu login akun TeraBox satu per satu untuk menemukan File terkait.

2. Penempatan File di Folder (salah lokasi Folder)

Data hilang bisa terjadi karena pengguna tak sengaja merubah lokasi File ke Folder lain atau karena perubahan nama Folder. Untuk menyelesaikan masalah ini, kalian dapat menggunakan fitur kotak pencarian di TeraBox untuk mencari File dari nama File yang pernah tersimpan.

menghapus data3. Masalah selama File Syncing

Setelah kalian mengunggah (Upload) data berukuran besar ke TeraBox, ada resiko data hilang karena masalah selama proses Syncing. Masalah ini terjadi karena File belum sepenuhnya ditransfer (Syncing) ke dalam Cloud, atau proses Upload terhentikan karena gangguan koneksi internet. Cari File tersebut di Daftar Transfer (Transfer List) untuk mengecek apakah File sudah terunggah komplit, jika belum, Upload lagi File tersebut ke TeraBox.

02 does TeraBox delete files4. Data Tak Sengaja Terhapus

Jika kalian atau orang lain punya akses ke akun, lalu tak sengaja menghapus data, akibatnya data hilang secara permanen jika tidak segera dipulihkan. Untungnya, TeraBox punya fitur Tempat Sampah (Recycling Bin) dimana data-data yang baru saja terhapus dapat dipulihkan. Kalau data tidak dapat dipulihkan, kalian mungkin perlu memulihkannya dari pencadangan data lain jika ada.

menghapus data 3

Jika langkah di atas tidak berhasil, cobalah untuk menghubungi tim Support TeraBox untuk dukungan lanjutan. Tim Support akan membantu kalian untuk menemukan titik masalah dan solusi terbaik untuk pemulihan data.

Bagaimana Cara Menghapus Data di TeraBox?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, TeraBox tidak pernah menghapus data pengguna tanpa sepengetahuan mereka. Meskipun begitu, pengguna dapat menghapus data dari akun mereka untuk mengalokasikan ruang penyimpanan. Tentu saja, opsi terbaiknya adalah untuk membeli paket TeraBox Premium untuk mengakses ruang penyimpanan Cloud sebesar 2TB, sehingga ruang penyimpanan tersedia bukan lagi jadi masalah.

Apapun pilihan pengguna, tentu saja mereka tidak ingin data penting mereka terhapus, oleh karena itu kami memberikan beberapa metode alternatif untuk menghapus dan memulihkan data secara aman, sehingga pengguna dapat memanajemen ruang penyimpanan dengan lebih mudah.

Menghapus data di Smartphone:

Metode 1: Ketuk tombol kosong di sebelah kanan untuk memilih satu atau lebih data/File -> Ketuk “Hapus” (Delete)

Metode 2: Ketuk Data/File apapun untuk memasuki mode peninjauan (Preview) -> Ketuk “Delete”

Metode 3 (menghapus foto): Tap ikon berbentuk foto di bagian bawah untuk memasuki Album > Ketuk lama di satu foto untuk menambah daftar foto yang akan dihapus > Ketuk “Selanjutnya” (More), lalu “Hapus” (Delete)

Metode 4 (menghapus video): Tap ikon berbentuk video di bagian bawah untuk memasuki Teater > Ketuk ikon “…” pada video yang akan dihapus > Ketuk “Hapus” (Delete)

04 does TeraBox delete files

Menghapus data di komputer:

Metode 1: Centang kotak pilihan dari satu atau lebih data -> Klik “Hapus” (Delete)

Metode 2: Arahkan mouse (hover) menuju salah satu data/file -> Klik ikon tong sampah.

Metode 3: Klik file/data dua kali untuk menuju mode peninjauan (Preview) -> Klik ikon tong sampah.

Catatan:  Ganti tampilan daftar File dari mode daftar, mode singkat dan mode gambar besar (Thumbnail) untuk mengecek kelengkapan data sebelum menghapusnya untuk mengurangi resiko salah hapus data.

menghapus data 4

Bagaimana Cara Pemulihan Data di TeraBox?

Setelah kalian menghapus data dari TeraBox, data akan tersimpan di tempat sampah (Recycling Bin) selama 10 hari (atau 30 hari untuk Premium User). Selama periode ini, kalian dapat memulihkan data ke lokasi penyimpanan asalnya. Kalian dapat mengecek berapa lama hari tersisa sebelum data dihapus permanen dari tempat sampah.

Untuk pemulihan data di smartphone: cari “Tempat Sampah” di menu -> Pilih File/Data yang akan dipulihkan -> Klik “Pulihkan” (Restore)

06 does TeraBox delete files

Untuk pemulihan data di komputer: Klik “Tempat Sampah” di menu sebelah kiri -> Pilih data yang akan dipulihkan -> Klik “Pulihkan” (Restore).

07 does TeraBox delete files 1

Untuk menghapus data secara permanen, kalian dapat memilih “Hapus” (Delete)

Kesimpulan

Apakah TeraBox akan menghapus data? Tentu saja jawabannya tidak. TeraBox didesain untuk menjaga agar data tersimpan secara aman seutuhnya, jadi tidak mungkin TeraBox menghapus data secara acak tanpa sepengetahuan atau ijin dari pengguna.

Kemungkinannya, data hilang karena beberapa penyebab lain seperti, salah login akun, file disimpan di Folder lain, atau faktor-faktor lainnya yang telah dijelaskan di artikel ini. Selama kalian paham bagaimana cara menghapus dan memulihkan data, kalian dapat menyelesaikan masalah data hilang dengan praktis dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Download TeraBox FREE!