your system language is:English

Cara Mengirim File Besar Dengan Mudah Dan Cepat

Di dalam artikel ini akan dibahas salah satu topik yang paling sering ditanyakan di internet: bagaimana cara mengirim file besar dengan efisien?

Cara Mengirim File Besar Dengan Mudah Dan Cepat 01

Seiring perkembangan teknologi, metode untuk mengirim dokumen/file dari satu perangkat ke perangkat lain telah berevolusi, mulai dari menggunakan USB drivers (flashdisk) sampai aplikasi penyimpanan awan gratis seperti TeraBox.

Namun, kebutuhan untuk mengirim kumpulan File dalam satu Folder masih bertahan. Malah, karena banyaknya digitalisasi dokumen dan networking (social media), kebutuhan untuk mengirim File besar menjadi semakin sering.

Kompresi dokumen (File Zip) memungkinkan pengguna untuk mengirim File besar secara praktis dengan mengurangi total penggunaan memori. Sayangnya, kompresi File membutuhkan usaha ekstra, jadi akan sangat merepotkan jika harus mengompres data dan mengurai kompresi setiap kali akan menerima atau mengirim data.

Karena itu, kalian harus mencari cara mengirim File berukuran besar dengan cara yang lebih efisien. Maka dari itu, di artikel ini akan dibahas solusi untuk mengirim Folder atau kumpulan file berukuran besar tanpa kompresi (Zip).

3 Cara Mengirim File Besar Secara Online

Kini sudah sangat lazim bagi semua orang untuk saling berbagi File berukuran besar ke semua tipe perangkat, seperti gadget Android atau iOS. Kalian dapat mengirim Folder (kumpulan File) tanpa mengompresnya atau melakukan kompresi terlebih dulu sebelum mentransfernya. Berikut adalah metode-metode yang dapat kalian pertimbangkan:

Surat Elektronik (Email)

03 email 1 e1687664245353

Lampiran surel (email attachment) merupakan salah satu metode paling umum  yang banyak digunakan orang untuk mengirim file besar secara nirkabel. Sayangnya, ada batas maksimal ukuran file yang akan dikirim, tergantung dari penyedia jasa surel tersebut. Itu artinya kalian tidak dapat mengirim File berukuran sangat besar melalui lampiran surel. Lagipula, metode ini terbilang lebih lambat dibandingkan metode lain yang tersedia di tahun 2023.

Dropbox

04 dropbox 4 e1687664275628

Kalau kamu ingin mengirim Folder berukuran besar tanpa perlu mengompresnya, maka salah satu opsi terbaiknya adalah dengan menggunakan jasa berbagi File (File Sharing) seperti Dropbox. Sayangnya aplikasi transfer file ini hanya menyediakan penyimpanan gratis sebesar 2GB saja. Jadi, kalian akan membutuhkan ruang penyimpanan ekstra jika File yang dikirim ukurannya melampaui batas tersebut.

Kalian dapat mengunggah dokumen atau Folder ke server penyimpanan mereka, lalu membagikan tautan dokumen/folder tersebut ke siapapun.

Polar Backup

04 polar backup e1687664304357

Polar Backup adalah alternatif jasa penyimpanan awan (Cloud) yang dapat kalian gunakan sebagai solusi cara mengirim File besar tanpa perlu mengompresnya. Pada intinya, aplikasi tersebut adalah Cloud Backup Tool yang menyediakan ruang penyimpanan awan sebesar 1TB dengan biaya sebesar $3.99/bulan (sekitar Rp 60.000). Kalian juga dapat mengaktifkan fitur pencadangan otomatis untuk semua File yang ada di smartphone.

Sayangnya adalah beberapa kelemahan dalam aplikasi transfer file ini. Salah satunya, jika kalian ingin menerima File, kalian harus menunggu sampai proses pemulihan File selesai. Selain itu, dikabarkan pelayanannya juga kurang ramah.

Karena beberapa pertimbangan di atas, bisa disimpulkan opsi terbaik untuk mengirim File besar tanpa kompresi adalah dengan menggunakan TeraBox. Selain sebagai aplikasi penyimpanan awan gratis, TeraBox juga bermanfaat untuk mengirim Folder berukuran besar secara online dengan mudah karena kecepatan unggah dan unduh sebesar 4.7mb/detik dan dapat digunakan secara Cross-Platform (Android, iOS, Windows).

06 TeraBox free video downloader e1688011908800

Ditambah lagi, kalian akan mendapat ruang penyimpanan awan gratis 1TB untuk menyimpan dan mengirim File besar. Cukup dengan mendaftar akun di TeraBox, dan penyimpanan tersebut dapat kalian gunakan secara gratis. Kapasitas penyimpanan sebesar 1TB cukup untuk 400.000 foto, 2500 video HD, atau dua game berukuran sangat besar.

Cara Mengirim File Besar Tanpa Kompresi Dengan TeraBox

Nah penasaran ingin tahu cara mengirim File besar dengan Terabox yang terpercaya dan aman? Ikuti saja langkah-langkah sederhana berikut ini:

Langkah 1.  Pertama, kunjungi website resmi TeraBox, lalu unduh aplikasinya (gratis) ke perangkat (ponsel, tablet, laptop).

07 terabox注册登录 e1688011946939

Langkah 2. Setelah diunduh dan selesai instalasi, daftarkan akun dan klaim penyimpanan awan gratis sebesar 1024GB.

Langkah 3. Lanjutkan proses dengan mengunggah (Upload) Folder yang akan kalian kirimkan. Kalian dapat memilih untuk mengunggah semua File sebelum disortir menjadi beberapa Folder, atau unggah satu Folder langsung dari komputermu.

Cara Mengirim File Besar Dengan Mudah Dan Cepat 02

Langkah 4.  Berikutnya, pilih Folder yang akan kalian bagikan, lalu klik tombol “Berbagi” (Share). Salin tautan (link) lalu bagikan ke siapa saja sesuai kebutuhan.

Cara Mengirim File Besar Dengan Mudah Dan Cepat 03

Kesimpulan

Pertanyaan soal cara mengirim File besar tanpa perlu mengompresnya terlebih dulu (zip) memang sangat krusial, karena kita tiap hari menggunakannya secara virtual. Telah banyak aplikasi transfer file yang tersedia, dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Diantara pilihan-pilihan tersebut, TeraBox adalah pilihan terbaik dan terpercaya bagi 35 juta penggunanya. Unduh TeraBox sekarang juga, dan nikmati berbagai fiturnya yang sangat memudahkan kebutuhan untuk saling berbagi Folder dan file.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Download TeraBox FREE!